adsense

KATA-KATA MUTIARA DEMOKRASI


“Demokrasi adalah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat” (Abraham Lincoln)
“Demokrasi adalah pemerintahan dari kaum kaya, oleh kaum kaya, dan untuk kaum kaya” (Slogan Antiglobalisasi)

demokrasi indonesia

“Demokrasi adalah bentuk pemerintahan terjelek, terpisah dari semua bentuk lainnya” (Winston Churchill)
“Demokrasi adalah suatu sistem politik yang bertumpu pada persetujuan kontinyu dan ikhlas dari warga Negara”
Norma tertinggi demokrasi bukan “jangkauan kebebasan” atau “jangkauan kesamaan”, tetapi ukuran tertinggi partisipasi. (A. d. Benoist)
“Hak Asasi Manusia dan demokrasi adalah kosong tanpa warga yang terus-menerus menghidupinya”.
“ Keragaman dapat menjaga keseimbangan kekuatan-kekuatan politik dan dialog dapat meningkatkan harapan bagi kebebasan, kemakmuran, dan hak-hak – singkatnya: Standard kehidupan demokratis”.
“Kebebasan bagi masyarakat ibarat sama dengan kesehatan bagi individu” (Lord Bolingbroke)
“Demokrasi merupakan kesepakatan (tertulis di dalam konstitusi) atas nilai-nilai, ide-ide dan lembaga-lembaga khusus”.
“Negara konstitusional sama seperti makanan setiap hari, seperti air untuk minum dan udara untuk nafas, dan yang terbaik berkaitan dengan demokrasi adalah bahwa ia merupakan satu-satunya sistem yang mampu menjamin Negara Konstitusional” (Gustav Radbruch)
“Pemerintahan oleh hukum tidak sama dengan demokrasi, dan tidak saling menjamin. Pemerintahan oleh hukum merupakan penerimaan bahwa hukum ditetapkan bukan hanya oleh kekuasaan tinggi tertentui, tetapi oleh kewargaan, mengatur semua – semua yang berkuasa, mereka yang beroposisi, dan semua di luar permainan kekuasaan” (Ralf Dahrendorf)
“Semua hak demokratik tak berarti bila warga Negara tidak mempunyai pengetahuan dan ketrampilan untuk menjalankan hak-hak mereka dan mempunyai sifat-sifat pribadi yang dituntut bagi pelaksanaannya secara bertanggung jawab”.
“Keadilan hanya akan ada di mana mereka yang tidak terkena akibat ketidakadilan sama dipermalukannya dengan mereka yang terkena ketidakadilan” (Plato)
“Kemampuan manusia untuk mewujudkan keadilan membuat demokrasi mungkin, tetapi kecenderungan manusia untuk bertindak tidak adil membuat demokrasi mutlak dibutuhkan”
(Reinhold Niebuhr)
“Demokrasi tidak menjamin kesamaan kondisi – demokrasi hanya menjamin kesamaan kesempatan” (Irving Kristol)
“Bahwa setiap orang yang mempunyai kekuasaan cenderung menyalahgunakannya merupakan kebenaran abadi! Mereka cenderung melakukannya sampai batas mengijinkan” (Montesquieu)
“Demokrasi merupakan suatu cara hidup”
“Demokrasi memerlukan para demokrat”
“Demokrasi harus dipelajari oleh setiap orang dan setiap lembaga – di mana pun!”
“Jangan bertanya apa yang dapat dilakukan negaramu untuk kamu, tanyakan apa yang dapat kamu lakukan bagi negaramu” (John F. Kennedy)

No comments:

Post a Comment