adsense

MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PERDAGANGAN



       era globalisasi yang sangat modern ini. Teknologi informasi sangat lah dibutuhkan dalam berbagai hal. Salah satunya yaitu dalam dunia perdagangan. Teknologi informasi selalulah berkembang-berkembang dan terus berkembang. Oleh karena itu jangan sampailah kita tertinggal/ketinggalan perkembangan teknologi informasi. Terutama dunia-dunia yang sangat membutuhkannya. Salah satunya yaitu perdagangan.
            Kenava saya mengambil tema perdagangan ? karena perdagangan adalah salah satu pekerjaan atau kegiatan yang sangat sering terjadi dan bahkan selalu terjadi setiap hari dimana saja wilayahnya. Baik yang secara manual (bertemu antara penjual dan pembeli) ataupun secara online (tidak pernah bertemu antara penjual dan pembeli).

manfaat teknologi


            Selain itu perdagangan itu harus selalu mengetahui perkembangan harga pasaran dunia, terutama perdagangan elektronika( HP, TV, Laptop dll). Agar tidak terjadi kerugian dan agar sesuai dengan waktu atau keadaan yang ada. Jawaban lainnya yaitu karena perdagangan itu adalah pekerjaan yang jumlahnya sangat banyak, hal ini sesuai denga hadist rosulullah . jadi dunia perdagangan sangatlah membutuhkan teknologi informasi.
            Untuk memperjelasnya maka akan saya perinci manfaatnya sesuai dengan apa yang baru saya ketahui.

  •   Dapat menciptakan suatu lapak perjualan yang sangat luas (tanpa batas) walaupun kita berada di dalam rumah( didesa). Saat kita dalam keadaan santai. Contohnya yaitu kita memposting barang-barang jualan kita di blog, fb, twitter dll(menjadi toko online). Maka orang lain kan melihat dan tertarik dapat langsung menghubungi pemilik barang tersebut(anda). Untuk melakukan transaksi jual beli. “Maksud tanpa batas disini penjual orang indonesia dan pembeli bisa orang amerika, rusia, ingrish, spayol dll di seluruh dunia.
  •  Dapat digunakan sebagai media promosi suatu barang – barang perdagangan yang dimiliki penjual agar dapat dilihat oleh para calon konsumen di seluruh dunia.
  • Dapat sebagai media mengupdate daftar harga barang-barang oleh para konsumen agar dapat dibandingkan antara satu dengan yang lainnya di seluruh belahan dunia.
  •  Teknologi informasi juga bisa membuka kesempatan bekerja( dalam dunia perdagangan )  untuk para calon pengusaha muda. Walau awalnya hanya memiliki modal yang sangat kecil yaitu blog, Fb, twittet dll. Akan tetapi itu adalah aset yang sangat berharga di era teknologi ini. Cara bekerjanya yaitu bisa dengan memperomosikan suatu barang dan setelah dipesan maka barulah dibeli barang dari toko dan dikirim kepada pembeli ( pemula ini bukanlah pemilik toko ). Atau bisa juga dengan mempromosikan suatu barang dengan menggunakan hitungan followers dll, dimana setiap mereka mengikuti maka hargayang harus dibayar oleh pemilik barang sesuai perjanjian yang telah di setujui bersama kepada seseorang yang mempromosikan. Bisa juga denga sifat perjanjian bagi hasil antara pemilik toko dengan orang yang mempromosikannya.
  • Teknologi menjadikan mempermudah suatu pekerjaan perdagangan dikarenakan tidak seperti penjualan ditoko yang harus menunggu palangan ditoko tersebut. Sedangkan dengan teknologi informasi ini kita dapat melakukan berbagai kegiatan akan tetapi transaksi perdagangan  tetap berjalan selama 24 jam dalam 1 hari.
  • Teknologi informasi dapat digunakan untuk menyimpan data-data masuk seperti daftar barang dan daftar data-data keluar. Dikarenakn tidak mungkin  manusia akan dapat menghafalnya semua data-data yang masuk dan keluar selama 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun dan seterusnya.
  • Teknologi informasi juga dapat mempermudah perhitungan penjualan barang-barang perdagangan. Baik dalam penjumlahan dan lain sebagainya.
  • Teknologi juga dapat digunakan untuk membuat suatu barang cepat terjual, menjamin kualitas dan lain sebagainya.

Pada intinya suatu  teknologi informasi ini sangat bermanfaat bagi dunia perdagangan, dimana kita dapat melakukan berbagai hal tanpa ada batasan batasannya. Perkembangan teknologi informasi terus memacu agar mempermudah kegiatan manusia  di dunia ini, salah satunya yaitu dunia perdagangan.



 

No comments:

Post a Comment